A Piece of My Portfolio

     Disini aku akan membagikan sedikit dari project website yang pernah aku buat selama berkuliah di ITS. Ada tiga website yang pernah aku buat dan aku membuatnya dengan framework yang berbeda juga. Berikut list dari project website yang pernah aku buat:

  1. Discussion Forum ( Quori )
    Untuk project ini, aku membuatnya dengan 2 adik tingkat tahun 2019 pada saat HMTC mengadakan sebuah pelatihan web developer yang bernama Software House HMTC. Disini aku mempelajari pembuatan web menggunakan Wordpress dan sebuah framework bernama Laravel serta menggunakan CSS framework seperti Bootstrap.

        Pada saat itu, kami dikelompokkan menjadi 1 kelompok untuk mengerjakan final project dengan menggunakan Laravel. Awalnya aku terpikir untuk membuat sebuah website yang konsepnya tidak susah, yaitu sebuah website untuk SMA. Akan tetapi, Rizqi akhirnya memberikan saran kepada aku dan James untuk membuat sebuah forum diskusi siswa SMA yang memiliki konsep seperti Quora. Akhirnya dibuatlah website ini yang bernama Quori. Karena ini pertama kalinya kami membuat website secara berkelompok, jadi awalnya kami agak kebingungan untuk mengerjakan project ini karena kami sama-sama belum mengerti mekanisme dari Laravel itu sendiri. Pada akhirnya, kami sukses membuat website nya. Ada rasa puas dan excited entah kenapa setelah menyelesaikan website ini hahaha. Jika kalian ingin mengecek source code-nya, silahkan klik saja kata Quori di atas ya!

       2. Company Profile ( Aerodataspace )
 
        Masih dalam pelatihan yang sama, yaitu Software House HMTC, aku disini mendapatkan tugas project membuat sebuah company profile untuk perusahaan khayalan / ngasal. Dikarenakan aku suka Data Science, maka terbesitlah membuat sebuah company profile untuk online course khusus Data Science dengan nama Aerodataspace. Bisa dibilang aku sampai membuat design logonya sendiri karena ingin membuat company profile ini seperti sedang menampilkan profil sebuah perusahaan yang asli. Disini aku menggunakan salah satu framework CSS, yaitu Bootstrap untuk mempercantik bentuk website nya. Pembuatan website menggunakan Wordpress bisa terbilang lebih gampang karena pembuatan websitenya hanya tinggal drag-and-drop. Akan tetapi, ada kelemahannya dimana pembuatan websitenya tidak akan sebebas saat menggunakan framework seperti Laravel atau Angular yang dibuat dari 0. Untuk melihat source code nya, cukup klik tulisan Aerodataspace ya!

      3. My Own Profile ( South Jakarta Vibes )

        Hmm, kalau website ini sih bisa dibilang sebenarnya tugas pertamaku pada saat belajar Pemrograman Web. Ya, aku nekat sih ini mencoba pakai React.JS + Angular (Aku lupa pakai angular atau enggak) agar terlihat Fancy hehehe... Ya walaupun hasilnya belum memuaskan banget dan banyak menghabiskan waktu karena aku bener-bener first time mencobanya, but I'm proud of myself because I made it. Sorry kalau nanti isinya berantakan hahahaha. Untuk framework yang digunakan disini, aku sudah sebutkan di atas. Yash, Angular.JS. Entah kenapa aku jadi suka membuat website dengan iseng menggunakan React JS + Angular karena memang hasilnya itu website yang dynamic and It's fun to do some experiments with React. Also, karena React inilah aku juga memutuskan untuk mencoba membuat Web Portfolio yang dynamic, eye-catching, dan user friendly!
    
            
 

 

Comments

Popular Posts